AKU PEDULI LINGKUNGAN

Kertas bagi generasi kita adalah sesuatu yang sudah menjadi hal biasa dan sehari-hari sehingga sering kali kita memakai kertas tanpa berpikir jauh mengenai konsekuensinya. Saya coba merekap beberapa fakta kertas agar kita semua mengerti akan pentingnya mengurangi penggunaan kertas dan mendaur ulang kertas yang sudah digunakan. Semoga berguna dan memperdalam pengetahuan kita sehingga kita lebih sadar akan lingkungan.

Produksi kertas:

1. Batang pohon (kayu) menghasilkan 16 rim kertas
2. 1 Batang pohon dapat menghasilkan oksigen yang dibutuhkan untuk 3 orang bernapas
Untuk memproduksi 1 ton kertas, dibutuhkan 3 ton kayu dan 98 ton bahan baku lainnya
3. Setiap jam, dunia kehilangan 1.732,5 hektar hutan karena ditebang untuk menjadi bahan baku kertas
4. Industri Kertas diseluruh dunia menggunakan 35% dari seluruh panen kayu komersial setiap tahun
5. Industri kertas menghabiskan 670 juta ton kayu untuk menghasilkan 178 juta ton of pulp dan 278 juta ton       kertas dan karton

Mari kita renungkan :

1. 1 ton kertas = 400 rim = 200.000 lembar
2. Untuk memproduksi 3 lembar kertas dibutuhkan 1 liter air
3. Untuk memproduksi 1 Kilogram kertas dibutuhkan 324 liter air (environment Canada)
4. 95% kertas dibuat dari bahan serat kayu
5. Untuk memproduksi 1 ton kertas, dihasilkan gas karbondioksida (CO2) sebanyak kurang lebih 2,6 ton          atau sama dengan emisi gas buang yang dihasilkan oleh mobil selama 6 bulan.
6. Untuk memproduksi 1 ton kertas, dihasilkan kurang lebih 72.200 liter limbah cair dan 1 ton limbah padat
7. Industri kertas adalah pemakai energi bahan bakar ke-3 terbesar di dunia (American Forest and Paper          Association)
8. Dulu kertas hanya digunakan untuk menulis, sekarang industri Packaging menggunakan 41% dari seluruh        penggunaan kertas

Daur ulang kertas:

1. Mendaur ulang 54 kg kertas menyelamatkan 1 batang pohon (government of Canada)
2. Mendaur ulang 1 ton kertas menyelamatkan kira-kira 17 batang pohon (Purdue Research Foundation and      US Environmental Protection Agency, 1996)
3. Mendaur ulang kertas menggunakan 60% energi yang lebih sedikit dibandingkan membuat kertas dari          batang pohon
4. Mendaur ulang 1 ton kertas dapat menghemat 682.5 galon bahan bakar dan 7000 galon air dan 4000 kwh listrik (Onondaga Resource Recovery Center)
5. 30%-40% kertas yang dibuang adalah kertas Packaging atau kemasan (The Recycler’s Handbook, 1990)
6. Saat kertas membusuk atau menjadi kompos akan menghasilkan gas Metana yang 25 kali lebih berbahaya  dari CO2 (International Institute for Environment and Development, 1971)

Tips hemat kertas di tempat kerja:

1. Sebisa mungkin hindari mencetak dokumen atau imel yang tidak penting.
2. Tulis slogan “THINK BEFORE YOU PRINT!” / “BERPIKIR SEBELUM ANDA MENCETAK”               dengan huruf besar, dan tempel di dinding kantor atau di dekat layar komputer.
3. Gunakan/ cetak kertas bolak-balik. Tindakan ini bisa menghemat penggunaan kertas hingga 50%.
4. Saat akan mencetak dokumen, gunakan menu “print 2 pages per sheet”. Artinya, 2 halaman dicetak jadi 1     halaman. Hurufnya memang jadi lebih kecil, tapi masih nyaman untuk dibaca.
5. Tempelkan draft dokumen pada papan pengumuman untuk digunakan bersama-sama. Ini lebih baik daripada mendistribusikan begitu banyak salinan dokumen.
6. Kumpulkan kertas yang satu sisinya masih kosong. Pakai ulang kertas (reuse) untuk mencetak dokumen. Atau pakai ulang kertas tersebut sebagai kertas fax.
7. Hindari penggunaan fax sheet cover, yang seringkali memakan hampir satu halaman penuh.
8. Amplop bekas yang masih rapi, bisa digunakan ulang. Bagian nama penerima & pengirim bisa ditiban dengan stiker atau kertas kosong. Tetap terlihat sopan kok.
9. Belilah printer dan mesin fotokopi yang mampu mencetak pada kedua sisi kertas secara otomatis. Dan pastikan setiap orang paham cara penggunaannya.
10. Jangan lupa, di setiap imel kita bikin tulisan seperti,” Please don’t print this e-mail unless you really need to. Save trees!”

Tips hemat kertas saat berbelanja dan kegiatan lainnya:

1. Saat isi pulsa ponsel, pilih yang elektronik aja. Sayang kan kertas voucher, baru dibeli langsung dibuang.
2. Ketika gaul di kafe atau resto yang menggunakan kertas untuk alas gelas dan piring, kembalikan alas kertas     tersebut ke pelayan. Katakan bahwa kita tidak membutuhkannya.
3. Saat gaul di mall/pusat perbelanjaan/pameran, pihak SPG sering memberikan kita flyer ato brosur                  romosi   produk baru. Jika berminat untuk tahu, kita bisa berhenti sebentar untuk membaca. Setelah itu,        brosur bisa kita kembalikan. Dengan begitu kita hanya membawa pulang brosur yang infonya benar-benar      kita butuhkan.
4. Hindari menerima laporan rekening bank atau tagihan ponsel dalam bentuk lembaran kertas yang dikirim via pos. Kontak bagian customer service untuk bilang bahwa kita lebih memilih informasi yang bisa dilihat secara online via internet.
5. Untuk kirim undangan kawin/arisan/seminar, sebaiknya gunakan e-mail aja.
6. Undangan perkawinan saat ini bisa dibuat dalam bentuk interaktif. Jadi yang bersangkutan tinggal kirim           alamat tautannya ke pihak yang akan diundang. Lebih murah dan tidak menggunakan kertas.
7. Namun, jika harus membuat undangan kawin dalam bentuk kertas, sebisa mungkin bikin yang sederhana         dan tidak menggunakan banyak kertas. Selain lebih hemat biaya, semahal apapun undangan kawin pasti        akan berakhir di tong sampah.
8. Suka membeli buku? Coba kontak penerbit buku favorit kamu agar menggunakan kertas daur ulang             (seperti kertas koran) untuk mencetak buku. Selain supaya harganya bisa lebih murah, juga supaya                   tampak  seperti novel impor yang bukunya lebih tipis dan tidak berat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s