MAWAR UNTUK MAMA

Karya Eka Pratiwi Putri Darmadi
mawar untuk mama
Kenalin guys, nama gue Mawar Bunga Arumi . panggil ajah gue Mawar, gue tinggal di sebuah kota yang merupakan ibu kota DKI Jakarta. yaah, hidup gue cuma sederhana, sekolah di SMA Global Mandiri pun, gue cuma dapet beasiswa, yah se’engganya lumayan lah buat ngirit. gue tinggal bersama seorang ayah, namanya Darma Bastian. dulunya kata nenek, ayah dan keluarganya itu orang terkaya, tapi sayang, di saat umur gue 3 tahun, perusahaan ayah gue bangkrut, karna ayah gue di tipu oleh temannya sendiri. ayah udah nanam investasi lebih dari 500$ lebih, sehingga kami jadi hidup pas pasan. gak lama dari itu juga, kata nenek, ibu ninggalin kami pergi karena kami sudah tidak punya apa apa. gue sanagta gak nyangka punya ibu yang kaya gitu .
pagi itu ..
” ayaah ” sapa ku kepada beliau sambil merangkulnya
” eh anak ayah udah cantik banget, mau berangkat ke sekolah ” pujinya
” udah, cepet Mawar, sarapan. nanti kamu telat ” ujar nenek
” iya iya nenek ” jawabku sambil melepas rangkulan gue ke ayah, dan langsung duduk di meja makan, dan sarapan nasi goreng yang udah di buat sama neneksaat gue mengunyah nasi goreng itu, perlahan demi perlahan lidah gue menemukan suatu ke janggalan dalam nasi goreng itu. kenapa nasi goreng kaga ada rasanya sama sekali yah? anyep .
” hmm .. maaf, bumbu di dapur habis, jadi mungkin rasanya kurang enak. kalo gak enak jangan di makan deh ” ucap nenek

mata gue langsung berkaca kaca, gak kuasa denger suara nenek yang mengucapkan hal tersebut .
” e.. enggak kok nek, enak kok enak !! nenek liyat yah, aku makan dengan lahap ” ujar ku sambil makan dengan lahap
” sudah !! gak usah di paksa kalo memang tidak enak !! ” ucap nenek yang langsung pergi ke kamarnya, meninggalkan meja makan
” ibu mau kemana ? ” tanya ayah

gue pun bener bener gak kuasa nahan air mata, akhirnya air mata gue pun turun ..
” kalo sudah makannya, cepet berangkat ke sekolah ” ujar ayah yang langsung mengikuti nenek

gue pun gak sengaja, waktu nario piring bekas makan ke dapur, gue denger pembicaraan ayah dan nenek yang sama sama sedih
” Darma, ini semua salah ibu. andai ibu waktu itu tidak memaksa mu untuk menaruh investasi di perusahaan Rusli ” lirih nenek
” sudah bu, yang lalu biarlah berlalu ” tegar ayah
” gara gara ibu juga, Riyanti tinggalin kamu ”
” ibu !! sudah !! Darma tidak mau bahas masalah Riyanti lagi, dia sudah bahagia dengan dunia keartisannya itu ” ucap ayah dengan suara yang sedikit lantang

gue udah gak kuat denger obrolan mereka berdua, gue pun langsung bergegas ke sekolah, sambil ngeluarin air mata
” kenapa tuhan? kenapa? kenapa aku hidup di atas kuburan lukanya ayah dan nenek ? kenapa? tuhan, aku ingin mempunyai keluarga yang lengkap seperti mereka. dimana ibu? dan dimana harta ayah yang di ambil oleh orang biadab itu / kenapa ? ” ujarku dalam hati

sampai di sekolah, gue bertemu dengan temen gue yang bernama Citra n’ Fanny ..
” kenapa lo? muke kaya benang kusut ajeh ? ” tanya Fanny

gue cuma menggeleng geleng, sebenernya gue pengen cerita tentang kejadian yang gue alamin tadi pagi di rumah, tapinya gue gak punya keberanian buat ngungkapin hal tersebut.
” oh ya, lo tau Stefan Yosef kan ? anak IPA, kelas sebelah ” tanya Citra
” oh, si cowok yang perfect, anaknya pemain sinetron dan pengusaha itu yah. kalo gak salah nama bapaknya Wasi dan nama ibunya Kintan Riyanti pemain sin etron itu kan ? ” timpal Fanny
” ternyata eh ternyata tuh yah, Kintan Riyanti itu cuma ibu tiri dari Stefan “ceplos Citra
” hah? ”
” lo liyat kan kabar di tv,surat kabar, sama internet, kalo Kintan riyanti itu bukan ibu kandungnya stefan. ibu kandungnya Stefan tuh, udah meninggal waktu stefan umur 7 tahun. kalo gue jadi stefan sii yah, gue bakal malu, dan gak masuk sekolah ” ceplos citra

yang gak di sadari, ternyata Stefan lewat dan mndengar perkataan Citra yang ceplos itu ..
” ups ”
” Stef .. ” sapa gue

tapi Stefan cuma lewat dengan dingin. oh ya, stefan itu cowok terpopuler loh !! secara kalo di liyat dari bokap dan nyokapnya itu. gak hanya itu, stefan juga cowok yang sombong. tapi setelah kabar bahwa stefan bukan anak kandung dari artis ternama itu, dia berubah menjadi dingin, sedingines batu di kutub utara.* tau aja yang udah pernah ke kutub utara mah :D* iyah dong !! kutub tenggara juga gue udah pernah * emang ada?* entar gue yang ada’in lah😛 . balik lagi ke Stefan, yah Stefan itu sering ngejek gue ” KAMSEUPAY” , yah gue sii sabar ajah .. tapi kali ini ..
” Citra !! kasian dia ” tegur gue
” yah maaf ” salahnya
” gue mau samperin dia ah ” ucap gue
” ngapain lo samperin ? hellow, dia kan sering ledek lo kamseupay ” timpal Fanny
” manusia juga kan punya khilaf ”

gue pun pergi nyari Stefan, ternyata dia ada di deket pohin dan bersebder sambil menutup matanya. gue pun duduk di samping dia tanpa sepengetahuannya ..
” apa lo sedih ? ” tanya gue

ia pun langsung terkejut melihat gue
” e.. elo. ngapain lo di sini !! ganggu ketenangan gue ajah tau gak !! ” bentaknya
” ini juga pohon tempat gue curhat, lo tau gak arti pohon ini? setiap gue sedih, gue lari dan bersender sambil menutup mata di sini. sama kaya lo tadi, tapi tunggu, lo ngikutin gue yah ? ” tanya gue
” habisnya lo tiap gue jailin, gue cibir, gue bully, lo lari ke sini dan bersender di sini sambil nutup mata ”

gue cuma tersenyum kecil, dan gue bersender sambil menutup mata .. lalu Stefan pun mengikuti
” masalah apapun, seberat apa pun yang di hadapi, pasti kita bisa melewatinya. lo tau ga? kita tuh jangan sedih, jangan kaya ibarat pohon yang daunnya berguguran waktu musim semi. jatuh ke tanah, di injek injek orang dan di biarkan mengering tanpa ada yang memungutnya. itu lah elo ”
” maksud lo apa’an ? ” ucapnya sambilmembuka mata

gue cuma ngasih senyuman kecil ke dia
” kadang hidup, bisa jatuh bangun, tanpa kita ketahui. tapi cuma tuhan yang tau ”
” gue, malu . kalo begini caranya ”
” lpo gak boleh ngeluh. hidup lo enak, walau lo gak ama ibu kandung lo. tapi lo tetep harus bersyukur karna ada ibu pengganti lo !! gak kaya gue, gue cuma punya nenek dan seorang ayah ”
” nyokap lo kemana? ”
” entah, siapa dan diamana nyokap gue yang jahat itu. ninggalin kami saat kami terpuruk dalam sebuah cerita. tapi mungkin ini sudah takdir, gue selalu berdoa sama tuhan, siapa pun dia dan dimana dia, gue pengen ketemu, walau cuma sekali seumur hidup gue ”
” nama nyokap lo siapa? ”

gue pun langsung membuka mata dan menatap stefan dengan sorotan wajah gue yang masih penuh kesedihan.
” e.. kalo boleh tau “ucap stefan yang langsung nyender dan nutup matanya
” setau gue, nenek pernah bilang, namanya itu Riyanti Gina Jokintan ”
” hah ? ” ucap stef yang langsung bangun dari senderannya
” kenapa?”
” na.. nama itu. nama nyokap gue ”
” nyokap lo? ”
” iyah, nyokap tiri gue, waktu gue lagi buka laci gue ngeliyat izazah dan namanya itu ”
” ini gak mungkin ”
” bener !! nyokap tiri gue itu seorang janda ! ”

gue pun langsung bangun, dan pulang kerumah ,, sampainya depan pintu ” aku pulaaaang ” ucap gue yang masih terhengos hengos
” kamu kenapa terhengos ngehos kaya gitu ? ” tanya ayah
” akumau nanya sama nenek dan ayah, apa benar, ibu kandungku itu adalah Kintan Riyanti ? yang bernama asli Riyanti Gina Jokintan ? ” tanya ku

nenek dan ayah hanya terdiam, dan mereka menjawabnya dengan tertawa’an
” haha .. kamu tuh nagarng aja yah !! ” ucap ayah
” Mawar, manamungkin .. kan nenek udah bilang, ibumu lari keluar negeri jadi tki ”
” ayah nenek !! aku serius !! aku udah gede, jadi aku tahu yang mana yang benar dan yang mana yang kebohongan ! ” ucap gue dengan suara lantang

nenek dan ayah hanya ttap menataap
” ayah, nenek jawab !! apa kalian gak sayang sama Mawar? Mawar pengen ketemu mama, biar pun untuk yang terakhir. kalian berdua gak sayang sama Mawar ! ”

gue pun langsung nangis dan pergi ke kamar ..

malamnya, ayah dateng ke kamar gue ..
” Mawarr .. ” sapa ayah sambil megang rambut gue
” ayah jangan deketin mawar !! Mawar benci ayah, ayah sama nenek selalu bilang ke Mawar kalo mama udah pergi dan menjdi warga negara Palestina . tapi mana? nyatanya, kalian bohongin mawar ! ”
” maafin, ayah Mawar. ayah gamau kenalin kamu lg sama perempuan itu ”
” selama ini aku cuma hidup di antara kebohongan kalian ! ”
” baiklah, jika kamu mau ketemu ibu kamu, temui dia sekarang ”
” yang bener ayah? ” ucap gue sambil bangun dari tempat tidur

akhirnya gue pergi ke rumah mama gue yang sudah 15 tahun gak ketemu .. waktu gue udah masuk gerbang, dan di depan pintunya, stefan pun langsung membukakan pintu
” Mawar? ngapain malem malem ke sini? ” tanyanya
” gue mau ketemu sama nyokap lo . pengen banget gue bicara sepatah kata depan ibu kandung gue sendiri yang selama ini gak ketemu ”
” tapi, nyokap gue lagi sakit, dia baru pulang dari rumah sakit di singapur ”
” pliss !! bantu gue ”

gak lama dari itu, seorang wanita, yaitu sosok ibu kandung gue, muncul di hadapan gue ..
” ada apa si ini !”

tanpa fikir panjang, gue langsung meluk dia ..
” mama, 15 tahun Mawar gak ketemu mama .. Mawar kangen mah, biarpun ayah dan nenek bilang kalo mama itu jahat udah ninggalin kami, tapi Mawar tetep sayang sama mama ” ucap gue yang mengeratkan pelukan hangat dari seorang ibu
” ka .. kamu .. Mawar ? ”
” iyaa mah, aku kangen sama pelukan mama. pelukan hangat yang selama ini aku mau, pelukan dari seorang ibu kandung ”

tiba tiba, mama langsung melepaskan pelukannya dan mendorongku hingga gue mau tersungkur, tapi untunglah stef bantu gue buat bangun .
” saya tidak sudi di peluk rakyat jelata !! ” ucap mama
” mamih , Mawar anak kandung mamih sendiri !! ” tegur stefan
” tapi saya tidak mau menganggap dia, maupun keluarganya lagi, titik !! ” tegas mama

walaupun mama sakit, tapi dia masi sempat marahin gue. gue pun langsung bersujud di kakinya ..
” mama ! aku pengen di sayangin, sayang layaknya seorang ibu terhadap anaknya ”

mama pun langsung mengangkat kakinya, dan langsung pergi. gue cuma bisa nangis nangis dan nangis .
” udah, perempuan itu memang iblis. lo percuma mau minta mohon mohon juga, lo kaga bakalan pernah dapetin hatinya, kalo gak pake hati lo. lebih baik lo pulang sekarang, udah larut malam ”
” tapi ,, ”
” biar gue yang anter lo balik, cewek gak baik keluar malem sendirian ”

gue pun dianter naik mobilnya stefan, di jalan gue terus nangis ,
sampai di rumah ..
” ayah sudah bilang ! wanita itu, wanita jahat !! buat apa kamu men emuinya !! ”

tanpa menhiraukan ayah, gue pun langsung begegas ke kamar dan menangis
” mama !! kenapa kenapa ? ”

lalu keesokan harinya ..
sejak kejadian malam itu gue langsung trauma, dan gue lebih memilih bengong di kamar .. tapi hape gue pada saat itu nyala, gue pun abaikan telfon dari nomer yg gak di kenal, tapi 10 kali panggilan itu gak gue jawab sama sekali. tapi saat gue ng’cek, inboxnya, ternyata dari stefan
yang isinya

* mawar, mama kertis, ternyata selama ini dia punya penyakit kanker hati, sampai tadi pagi belum ada pendonor yang cocok. kemungkinan mama susah untuk selamat*

itulah sms yang gue baca dari Stefan ,… gue langsung bergegas menuju rumah sakit dan menemui dokter yang ngobatin mama …

setelah itu ..
” dok, apa mama saya bisa segera di operasi ? ” tanya Stef
” bisa, kami sudah mendapatkan pendonor yang sukarela mendonorkan hatinya untuk pasien ”
” hah ? siapa? ”
” setelah operasi saya akan memberi tahu ”

16 jam operasi berlalu ..
dokter pun keluar .. di situ ada ayah dan nenek, yang bersimpatik menengok mama
” bagaimana dok ? ” tanya stef
” smuan ya berjalan lancar, mungkin 1 – 2 bulan pasien baru sadar, karena syaraf syarafnya harus di persatukan terlebih dahulu ”
” lalu, siapa yang mendonorkan hatinya untuk ibu saya dik ? ” tanya Stef
” dia seorang perempuan muda yang baik, bernama … Mawar Bunga Arumi ”

mendengar perkataan itu, semua jadi kaget .. nenek Mawar pun langsung pingsan, stef yang mendengar hal itu pun langsung down
” mawar? kenapa lo lakuin ini demi wanita iblis itu ? lo terlalu baik Mawar ! dan pada akhirnya lo bisa bertemu nyokap kandung lo, sekali seumur hidup lo ” lirih Stef
“nak’ jangan tinggalin ayah ! ”

lo tau kan? pengangkatan hati itu, pendonornya bisa gak punya hati dan meninggal . yah itulah kisah akhir perjuangab Mawar ..
2 bulan kemudian ..
di makam pemakaman Mawar, terlihat ibunya yang sedang membaca surat dari Mawar, yg isinya :
” mama .. aku yakin, mama punya alesan kenapa mama bersikap gitu ke aku .. mama tolong jaga ayah,nenek, dan hati aku ini .. mulai sekarang, mawar ada di deket mama, karena bagian tubuh mawar sudah tertanam di tubuh mama .. mama .. jangan nangis, mama pasti ketemu aku, suatu saat nanti, di surgaaa … ”
” maafin mama Mawar’ mama amat nyesal !! ”

#TAMAT#

DMCA Protection on: http://www.lokerseni.web.id/2012/10/cerpen-remaja-sedih-mawar-untuk-mamah.html#ixzz2FaPtvvb2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s